Menyisihkan Uang Untuk Investasi? Emang Gampang, Ya?

Anda pernah berfikir mengapa sangat sulit bagi Anda untuk memulai investasi? Gaji hasil bekerja Anda setiap bulan rasanya selalu saja habis untuk kebutuhan sehari-hari dengan sangat cepat. Lalu Anda menunggu untuk gaji di bulan berikutnya, dan hal ini terjadi terus-menerus tanpa adanya dana yang berkembang direkening Anda.

Sebenarnya, tidak sulit bila Anda ingin mulai berinvestasi. Kuncinya adalah disiplin. Semasa masih produktif, menjadi krusial bagi kita semua untuk mulai menginvestasikan pundi-pundi kekayaan sehingga kondisi finansial kita menjadi aman di masa depan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan sehingga Anda bisa segera memulai investasi:

Tentukan Tujuan Investasi

Kiat pertama adalah tentukan tujuan dari investasi Anda! Hal ini penting karena tujuan investasi lah yang nantinya akan memotivasi Anda untuk rutin berinvestasi. Anda juga dapat memberikan jangka waktu untuk tujuan investasi Anda. Misalkan Anda berencana untuk melanjutkan studi S2 dalam 3 tahun ke depan, menikah dalam 5 tahun ke depan, mempersiapkan kebutuhan anak untuk 6 tahun yang akan datang dan menikmati masa pensiun dengan financial freedom 40 tahun ke depan. Dengan tujuan investasi serta waktu yang jelas, maka Anda akan terdorong untuk melakukan ‘persiapan’ secara finansial, yakni dengan berinvestasi agar dana Anda berkembang dan tujuan-tujuan Anda tercapai dengan baik.

Sisihkan Dari Awal

Kebanyakan orang yang berkata bahwa dirinya tidak memiliki dana untuk investasi bisa saja karena pengelolaan keuangan yang masih belum dilaksanakan dengan baik. Padahal, idealnya kita harus senantiasa membuat budgeting dari pemasukan yang diperoleh, dengan porsi investasi 30-40% dari total pemasukan. Jadi, bukannya kita berinvestasi sesuai dengan sisa dana yang dimiliki di akhir bulan, namun pemasukan itu harus di sisihkan di awal bulan. Dengan begitu, berapapun pemasukan yang kita miliki, kita sudah memiliki komitmen sejak awal untuk menyisihkan dana untuk dikembangkan.

Kurangi Pengeluaran Bulanan

Kita tahu bahwa pengeluaran bulanan merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari. Seperti biaya transportasi, konsumsi, pendidikan, cicilan mobil, rumah, asuransi, dan lain-lain. Namun, terdapat pula pengeluaran bulanan yang sebenarnya tidak terlalu penting, namun karena sudah biasa dilakukan, menjadi suatu hal yang rutin dan dianggap sebagai pengeluaran yang normal-normal saja. Pengeluaran seperti shopping setiap minggu, makan siang di luar setiap hari, sering melakukan travelling, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, dan gaya hidup yang boros pada keseharian. Mulailah mengalihkan kegiatan–kegiatan tersebut ke kegiatan-kegiatan yang lebih hemat, seperti menyiapkan makanan dari rumah, berolahraga dan melakukan kegiatan-kegiatan produktif lainnya. 

Pilih Investasi Yang Paling Cocok Untuk Anda

Terdapat banyak sekali produk investasi yang tersedia saat ini. Anda bisa investasi pada properti, saham, reksa dana, emas, dan lainnya. Pilihlah jenis investasi yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Hal ini juga perlu disesuaikan dengan profil risiko yang Anda miliki serta jangka waktu investasi yang Anda ingini. Dengan hal ini, akan semakin mudah bagi Anda untuk mulai berinvestasi yang cocok dan sesuai dengan diri Anda.

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan kiat-kiat diatas untuk memulai investasi?



Leave a Reply