Beragamnya Jenis Reksa Dana, Yang Mana Yang Terbaik Untuk Institusi Anda?

Reksa dana merupakan salah satu pilihan bentuk investasi yang paling diminati oleh institusi maupun perorangan di Indonesia. Tren berinvestasi pun kian meningkat, dibuktikan dengan total dana kelolaan (Asset Under Management) pada reksa dana yang meningkat sebesar 9.9% pada bulan 9M2019 menjadi IDR 543 triliun dari total dana kelolaan (Asset Under Management) sebelumnya, yakni IDR 494 triliun pada FY2018. Hal ini menunjukkan tren positif pada industri reksa dana, yakni semakin banyaknya institusi maupun perorangan yang berinvestasi pada reksa dana serta meningkatnya jumlah unit penyertaan investor pada produk reksa dana.

Terdapat beberapa jenis reksa dana yang dikemas oleh perusahaan manajemen investasi sebagai produk yang ditawarkannya. Pilihan pada produk mana Anda berinvestasi tentunya harus disesuaikan dengan tujuan investasi dan tingkat risiko investasi yang Anda minati.  Setelah Anda memahami tujuan investasi dan tingkat risiko yang Anda minati, Anda akan mampu menentukan jenis reksa dana yang paling tepat untuk Anda ataupun institusi Anda. Maka dari itu, penting bagi para calon investor memiliki pengetahuan mengenai karakteristik setiap jenis reksa dana yang tersedia di pasar.

Reksa Dana Saham

Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan minimal 80% dana kelolaan pada instrumen saham. Reksa dana ini cocok untuk para investor yang berminat untuk berinvestasi jangka panjang dengan waktu 5 tahun atau lebih.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan minimal 0% dana kelolaan pada instrumen obligasi. Reksa dana ini cocok untuk para investor yang berminat untuk berinvestasi jangka pendek dengan waktu antara 1 – 3 tahun.

Reksa Dana Campuran

Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan maksimal 79% dana kelolaan pada instrumen saham, obligasi dan deposito. Reksa dana ini cocok untuk para investor yang berminat untuk berinvestasi jangka menengah dengan waktu3 – 5 tahun.

Reksa Dana Pasar Uang

Merupakan jenis reksa dana yang menempatkan 100% dana kelolaan pada instrumen pasar uang, seperti deposito, SBI dan obligasi yang jatuh tempo kurang dari satu tahun. Reksa dana ini cocok untuk para investor yang berminat untuk berinvestasi jangka sangat pendek dengan waktu kurang dari 1 tahun.

Secara garis besar, keempat jenis reksa dana diatas merupakan jenis reksa dana yang umum terdapat di pasar. Jadi, jenis reksa dana mana yang paling tepat untuk Anda dan institusi Anda?

Informasi Layanan Investasi

The City Tower Lt. 7
Jl. MH Thamrin No. 81
Jakarta 10310 Indonesia

Senin-Jumat 08.30-17.30
Sabtu-Minggu Tutup

+62.2123951088

+62.2123951302

reksadana@lautandhana.com

PT Lautandhana Investment Management terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor registrasi KEP-07/PM/MI/2005.